Perbedaan Mentega dan Margarin


Perbedaan Mentega dan Margarin – Jika anda sering bergulat dengan resep, baik resep di buku masak maupun resep-resep yang betebaran di internet, tentu sering sekali anda menemukan resep dengan bahan mentega dan margarin. Beberapa dari kita mungkin masih ada yang berpendapat bahwa mentega dan margari andalah 2 bahan yang sama. Namun pada kenyataanya, margarin dan mentega adalah dua hal yang berbeda, walaupun mungkin keduanya bisa saling bersubtitusi.

perbedaan mentega dan margarin

Sekarang mari kita bahas perbedaan mentega dan margarin. Mentega atau dalam bahas bule disebut Butter, adalah produk makanan alami, artinya dalam pembuatan mentega tidak dibutuhkan proses pengolahan. Mentega adalah lemak susu yang terpisah setelah dikocok. Sementara margarin, dibuat dengan pengemulsi minyak nabati dengan susu skim atau dengan hidrogenasi minyak nabati. Mungkin produk tanaman atau kombinasi tanaman dan susu produk.

Dalam mentega (butter) mengandung lebih banyak lemak jenuh dan kolestrol dibandingkan yang ada didalam margarin. Hal ini disebabkan karena mentega adalah produk turunan langsung dari susu. Sedangkan margarin adalah hasil olahan minyak nabati sehingga kadar lemak jenuhnya jauh lebih rendah dibanding mentega.

Kesimpulannya:

Mentega (Butter): Produk turunan langsung dari susu, biasanya terbuat dari krim lemak susu sapi, mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol.

Margarin: Bibuat dari minyak nabati, mengandung berbagai vitamin, sedikit lemak dan kolesterol, dan harganya lebih murah daripada mentega.

Perbandingan kandungan per 100g:

  • Lemak jenuh: Mentega 51g – Margarin 23g
  • Lemak tak jenuh tunggal: Mentega 21g – Margarin 28g
  • Lemak tak jenuh ganda: Mentega 3g – Margarin 37g
  • Jumlah total lemak: Mentega 81g – Margarin 71g
  • Protein: Mentega 1g – Margarin 0g

Itulah perbedaan mentega dan margarin secara garis besar. Dari perbandingan diatas tentu saja margarin lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan dengan mentega. Kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit salah satu pertimbangannya. Namun ada juga yang berpendapat mentega lebih bergizi karena kandungan proteinnya yang lebih tinggi. Yang jelas keduanya memiliki kandungan lemak dan kalori yang mana keduanya dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah yanh proporsional.

Cara memotong fillet (26)perbedaan margarin dan mentega (5)perbedaan margarin dan minyak goreng (3)perbedaan minyak dan mentega (3)bagus mana roti pakai minyak sama margarin (3)minyak mentega (2)perbedaan telur dengan mentega minyak (2)margarin dan minyak goreng untuk adonan kue (2)makanan dari mentega (2)Perbedaan mentega dan minyak goreng (2)
Perbedaan Mentega dan Margarin | admin | 4.5